Kabar Nasional

KH Enceng Sobirin Nadj Wafat, Gus Yaqut: Almarhum Tinggalkan Jejak Luar Biasa di Kader Muda NU

KH Enceng Sobirin Nadj Wafat, Gus Yaqut: Almarhum Tinggalkan Jejak Luar Biasa di Kader Muda NU
KH Enceng Sobirin Nadj. Foto: Istimewa

ANSOR NEWS, JAKARTA - Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Kabar duka kembali menyelimuti keluarga besar Nahdlatul Ulama. Kali ini, KH Enceng Shobirin Nadj wafat pada Kamis (19/11/2020). Kiai Enceng Shobirin wafat pukul 02.38 di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta. 

Kang Enceng, begitu ia akrab disapa, adalah instruktur nasional Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor. Selain itu, Kang Enceng tercatat sebagai instruktur di kaderisasi penggerak NU atau Pendidikan Kader Penggerak NU (PKPNU). Sebelumnya, juga merupakan Wasekjen PBNU (2010-2015). 

Kabar duka ini begitu menyentak. Ketua Umum PP GP Ansor, H Yaqut Cholil Qoumas, mengaku sangat kehilangan. Almarhum, kata dia, meninggalkan jejak luar biasa di bidang kaderisasi kader muda Nahdlatul Ulama, yakni perkembangan penyiapan kader masa depan melalui GP Ansor dengan sangat sistematis.

Selain itu, lanjutnya, almarhum juga dikenal sangat perhatian pada kader-kader yang dididiknya.

"Selalu dipantau dan tidak segan sekadar menanyakan kabar. Almarhum ini adalah instruktur yang pengetahuan ke-NU-an dan ke-Indonesia-annya lengkap. Sehingga, membuat kader-kader Ansor yang pernah merasakan tempaannya benar-benar tak akan goyah untuk berbuat terbaik bagi NU dan Indonesia," kata Gus Yaqut, sapaan akrabnya.

Menurut Gus Yaqut, terdapat pesan penting dari sosok KH Enceng Shobirin Nadj.

"Beliau orang yang sederhana, humble dan tidak pernah mengeluh. Beliau tidak mengambil jarak dengan siapa pun. Juga kepada junior-junior yang dia didik. Ini yang membuat kami semua merasa kehilangan," ungkap Gus Yaqut.

Gus Yaqut mengatakan, PP GP Ansor telah mengeluarkan instruksi pada seluruh jajaran pengurus di dalam maupun luar negeri, untuk menyelenggarakan Sholat Ghoib dan Pelaksanaan Tahlil seusai Sholat Maghrib untuk Almarhum selama 7 hari. 

KH Enceng Shobirin Nadj akan dimakamkan di kompleks Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin di Pasir Putih Depok Jawa Barat. (zah