Kabar Dunia

Silaturahmi dengan Ansor Taiwan, Gus Yaqut Berikan Pesan Penting

Silaturahmi dengan Ansor Taiwan, Gus Yaqut Berikan Pesan Penting
Silaturahmi PC GP Ansor Taiwan dengan Ketum PP GP Ansor, Sekjen, dan jajaran pimpinan secara virtual. Foto: Dok.

ANSOR NEWS, TAIWAN – Semangat kader Ansor Banser untuk tetap aktif dan produktif di tengah pandemi, patut diacungi jempol. Seperti yang dilakukan PC GP Ansor Taiwan ketika melakukan silaturahmi virtual dengan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor H Yaqut Cholil Qoumas. Hadir juga Sekjen Abdul Rochman, Ketua Faisal Attamini, dan Wakil Sekjen Rifqi Al Mubarok, Sabtu (14/11/2020) malam.

"Saya itu penasaran kayak apa Ansor Banser Taiwan, ingin lihat langsung. Rasanya, sering dengar kalau cabang istimewa itu kalau nggak Korea, ya Taiwan. Termasuk malam ini, saya pikir silaturahmi santai. Ternyata gagah-gagah berseragam begitu," cetus Gus Yaqut saat memberi sambutan.

Selebihnya, Gus Yaqut memberi pesan penting kepada sahabat GP Ansor dan Banser Taiwan. Pertama, Ansor Taiwan agar menghormati tempat di mana berada saat ini. “Di mana bumi diinjak di situlah langit dijunjung”. Hormati budaya masyarakat dan negara tempat tinggal. Apalagi, mereka adalah representasi NU dan Islam yang ramah. Saya dengar, Banser di Taiwan dihormati betul oleh pemerintah setempat. Ini semata-mata karena sahabat-sahabat bisa menempatkan diri, tidak semaunya sendiri," katanya.

Kedua, kata Gus Yaqut, sahabat Ansor Banser diminta tidak berhenti mencintai NU beserta kiai-kiainya. Ketiga, tetap mengikuti semua perkembangan informasi di Indonesia. Jangan sampai tidak update, ketinggalan isu di negeri sendiri.

"Yakinlah, kita ini bukan siapa-siapa. Justru karena nempel ke NU, Ansor, Banser, kita jadi kecipratan berkah. Maka jangan sampai berhenti mencintai NU," tandas cucu KH Bisri Mustofa, Leteh, Rembang tersebut.

Selebihnya, Gus Yaqut menyampaikan betapa NU itu organisasi hebat. Misalnya tergambar dari lambang yang sarat makna. Bagaimana bisa ada logo organisasi di tahun 1926 sudah visioner. Gambar jagat, dililit tali tapi tidak ketat (fleksibel), dan dikelilingi bintang 9. Juga, huruf 'dlod' pada kata Nahdlotul berada di tengah melintasi globe.

"Baru hari ini kita rasakan hebatnya. NU itu memang yang bikin bukan orang biasa. Di tengah dunia yang semakin kacau, ada peperangan dunia Islam sampai kemungkinan perang dunia, NU-lah organisasi tengah yang bakal menjadi wasilah perdamaian dunia," pungkas Gus Yaqut sambil menambahkan perlunya terus kader Ansor mengkampanyekan gerakan NU.

Sebelumnya Sekjen PP GP Ansor Abdul Rochman menjelaskan tentang organisasi dan beberapa program pimpinan pusat yang dapat juga melibat pimpinan cabang. Misalnya terkait kemandirian organisasi. Adung, sapaan akrab Sekjen, menceritakan rencana PC GP Asnor Mesir yang akan memulai bisnis kopi dengan menggandeng beberapa PC Ansor yang daerahnya dikenal sebagai penghasil kopi. (*)