Kabar Daerah

Kerja Sama dengan Mountrash dan Bank DKI, Ansor Palmerah Dirikan Bank Sampah

Kerja Sama dengan Mountrash dan Bank DKI, Ansor Palmerah Dirikan Bank Sampah
Acara peluncuran Bank Sampah PAC GP Ansor Palmerah. Foto: Dok.

ANSOR NEWS, JAKARTA - Banjir yang masih sering terjadi di Jakarta antara lain disebabkan sebagian masyarakat masih membuang sampah di sungai dan saluran air. Berpijak dari kenyataan tersebut, Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Palmerah berinisiatif mendirikan Bank Sampah bekerjasama dengan Mountrash dan Bank DKI yang diluncurkan di Majelis Taklim An Nuur Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat, Senin (5/10/2020).

"Kami mengharapkan masyarakat dapat menjual atau mensedekahkan sampah plastiknya ke Bank Sampah di Majelis Taklim An Nuur ini agar tumpukan sampah di sungai berkurang dan banjir pun tidak terlalu parah," papar Sekretaris PAC GP Ansor Palmerah Salman.

Salman mengungkapkan bahwa Bank Sampah merupakan gerakan nyata Ansor dalam melestarikan lingkungan dan menumbuhkam bibit kewirausahaan.

Sementara itu, perwakilan Bank Ikbal mengatakan bahwa transaksi pada bank sampah ini yang dibranding dengan nama "Komunitas Jakone Artri" seluruhnya menggunakan mekanisme digital dengan aplikasi Jakone.

"Kami harap masyarakat mulai terbiasa dengan transaksi digital dan cashless dengan pendirian bank sampah atau komunitas Jakone Artri di Palmerah ini," papar Ikbal.

Peluncuran Bank Sampah tersebut juga dihadiri ustaz Ali Murtadho dari MWC NU Palmerah, sejumlah staf Bank DKI dan Mountrash serta Alfanny, Wakil Ketua PW GP Ansor DKI Jakarta. (zah)