Kabar Daerah

Sapa Warga, Gus Hanies Ajak Rawat Cita-cita

Sapa Warga, Gus Hanies Ajak Rawat Cita-cita
Ketua Dewan Penasehat Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Rembang

ANSOR NEWS, REMBANG - Ketua Dewan Penasehat Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Rembang yang juga kandidat Wakil Bupati Rembang M Hanies Cholil Barro' kembali menyapa warga secara virtual, Jumat (1/10/2020) petang. 

Kali ini, pria yang akrab disapa Gus Hanies mengajak kepada warga Kabupaten Rembang untuk memelihara cita-cita seperti yang digariskan para pendiri bangsa, yakni masyarakat yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. 

Melalui aplikasi zoom meeting, tokoh muda kelahiran 17 Agustus 1982 ini menyebutkan cara yang perlu ditempuh untuk merawat cita-cita itu. 

"Cita-cita kita adalah mewujudkan masyarakat yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Caranya, kita mesti tahu dan praktekkan sendi-sendi yang diajarkan dalam Pancasila. Sendiri ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan yang dipimpin hikmat kebijaksanaan, dan keadilan sosial," katanya.

Pada pertemuan virtual yang diselenggarakan Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Rembang dalam rangka Hari Kesaktian Pancasila ini, Gus Hanies menandaskan kembali diujinya kesaktian Pancasila pada momentum Pilkada 9 Desember mendatang. 

"Kesaktian Pancasila diuji pada 30 September 1965. Waktu itu, PKI ingin merebut kekuasaan, sekaligus ingin mengganti ideologi Pancasila dengan Komunis. Tetapi upaya itu gagal. Pilkada, menurut saya tidak semata perebutan kekuasaan, tetapi ajang merawat cita-cita dan mencegah penyemaian ideologi tertentu yang bertentangan dengan ideologi bangsa," tandasnya. 

Putra mendiang KH M Cholil Bisri Rembang ini mengingatkan pentingnya memilih pemimpin yang berkarakter Pancasila, yang tidak hanya bicara tentang kepingan rupiah dan mengisyaratkan keserakahan. 

"Misalnya sendi kemanusiaan, sebagai sendi nomor dua dari Pancasila, akan susah terwujud jika pemimpin menganggap manusia sebagai makhluk yang tidak berdaulat, yang bisa seenaknya dibeli dengan uang. Pemimpin yang demikian akan susah adil, apalagi menjaga adab," terangnya. 

Gus Hanies Sapa Warga dengan tema "Pilkada Menjaga Cita-cita" merupakan yang kedua, setelah sebelumnya digelar acara serupa dengan tema "Menjaga Peduli di Masa Pandemi" pada 11 September 2020.

Pertemuan virtual ditempuh sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 yang rentan bila tatap muka dilakukan secara langsung dan banyak orang, apalagi tanpa dilengkapi protokol kesehatan. (*)