Kabar Daerah

Ketahanan Pangan, Ansor Riau Garap 30 Hektar Lahan

Ketahanan Pangan, Ansor Riau Garap 30 Hektar Lahan
PW GP Ansor Riau bersama Polda Riau bekerja sama memanfaatkan lahan tidur untuk ketahanan pangan. Foto: Dok.

ANSOR NEWS, PEKANBARU – Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Provinsi Riau bekerjasama dengan Polda Riau menggarap lebih kurang 30 hektar lahan untuk program ketahanan pangan. Kegiatan itu termasuk dalam giat 'Jaga Kampung' Polda Riau yang bertujuan mendorong pemanfaatan lahan tidur untuk ketahanan pangan yang melibatkan masyarakat atau kelompok tani.

Selama satu bulan ini, tercatat sudah ada lebih kurang 30 hektar lahan di Rohil, Siak dan Kepulauan Meranti yang dikerjakan bersama kelompok tani Pemuda Ansor dan Bhabinkamtibmas di Polsek Polsek.

"Sampai kemarin sudah ada 30 hektar lahan yang mulai dikerjakan pengolahan tanah dan penanaman. Yang ditanam mulai semangka, melon, jagung, jahe merah dan lain lain," kata Purwaji, Ketua PW GP Ansor Riau.

Sementara itu, Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi SH, S.I.K, M.Si menjelaskan bahwa program Jaga Kampung adalah gerakan internalisasi dari nilai luhur, sembari mengoptimalkan upaya untuk membangun berbagai ketahanan, termasuk pangan.

"Tujuan pencanangan jaga kampung ini yaitu agar kuat kampungnya, sehat masyarakatnya dan cukup pangannya. Dengan tiga hal tersebut kampung terjaga, baik dari Covid-19, narkoba, radikalisme dan lain sebagainya. Ini gerakan dari kita semua," ujar jenderal bintang dua tersebut.

Terakhir, Kapolda mengapresiasi PW GP Ansor Riau karena sudah ikut mendukung program Jaga Kampung Polda Riau.

"Keterlibatan Ansor dalam program ini sangat kita apresiasi dan tentu harapannya bisa memberi manfaat khususnya dalam upaya meningkatkan pendapatan di tengah pandemi sekarang ini," tandasnya. (zah)