Kabar Daerah

Ndan Malikan, Banser Nyentrik yang Bertekad Berkhidmah di NU Sampai Kapanpun

Ndan Malikan, Banser Nyentrik yang Bertekad Berkhidmah di NU Sampai Kapanpun
Ndan Malikan, Banser berpenampilan eksentrik yang bertekad terus berkhidmah di NU. Foto: Dok.

ANSOR NEWS, GRESIK - Menjadi anggota Banser adalah menjadi pilihan hidup dan panggilan jiwa bagi Moh. Malikan Manaf atau yang lebih akrab disapa Ndan Malikan.

Ndan Malikan telah berkhidmah di Banser sejak tahun 1995. Dia telah beberapa mengikuti mulai Diklatsar dan Susbalan 4 kali. Terakhir di Malang tahun 1999-2000. Sosoknya mudah dikenal. Ia tampil eksentrik. Rambutnya gondrong sebahu dengan cambang lebat.

Untuk jabatan kebanseran dia aktif sampai sekarang dan menjabat sebagai Kasatkoryon PAC Duduk Sampeyan 2 Periode. Saat ini menjadi Wakasatkorcab dan PLT Kasatkorcab Banser Kabupaten Gresik hingga sekarang. Di samping itu, Ndan Malikan juga menjadi bagian dari tim cyber Banser dan Banser Densus 99, selain kerap menjadi narasumber pada pelatihan dan pendidikan kebanseran di Kabupaten Gresik.

Motivasi Ndan Malikan menjadi Banser adalah untuk menjaga marwah NU dan jami’yah serta stabilisator Ansor. Dirinya berharap para pemuda NU agar bergabung di Banser sebagai garda depan pengawal dan benteng ulama.

Pria yang lahir di Desa Kemudi, Kecamatan Duduk Sampeyan, Kabupaten Gresik, ini pernah mengawal Gus Dur dari pemakzulan dengan bergabung menjadi pasukan berani mati di Jakarta pada 1999.  

“Semboyan “Banser Satu Barisan” dan mars Banser menjadi penyemangat saya dalam kondisi apa pun dan menjadi ghirah dan tekad berkhidmah di NU sampai kapanpun," ucap Ndan Malikan. (zah/syafik hoo)