Kabar Daerah

Banser Dukun Terlibat Aktif dalam Pelaksanaan Penyembelihan Kurban

Banser Dukun Terlibat Aktif dalam Pelaksanaan Penyembelihan Kurban
Personil Banser mengawal pelaksanaan penyembelihan hewan kurban. Foto: Dok.

ANSOR NEWS, GRESIK – Salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban merupakan rangkaian kegiatan yang berdimensi ibadah, yakni mendekatkan diri kepada Sang Khaliq dan berdimensi sosial untuk berbagi kepada sesama.

Idul Adha yang dilanjutkan dengan penyembelihan kurban dalam sejarah Islam adalah untuk mengenang ketabahan dan kesabaran Nabi Ibrahim, dan keteguhan dan keikhlasan Nabi Ismail As, di samping puncak ibadah haji di tengah pandemi Covid-19.

Di Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, beberapa kegiatan yang dilakukan takmir masjid dan Banser. Seperti penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan pada hari ini, Jumat (31/7/2020) hingga Minggu (2/8/2020).

Salat Idul Adha dilaksanakan di Masjid Salafiyah, Ponpes Alkarimi, Desa Tebuwung, Dukun. Protokole kesehatan diberlakukan secara ketat, yakni dengan memakai masker dan shof berjarak.

Khotib Ustaz Abdullah Lubab meminta jemaah meneladani sosok Nabi Ibrahim dengan kepatuhannya dan Nabi Ismail dengan kesabarannya.

"Pada intinya Idul Adha adalah pengorbanan dan kesabaran. Kita semua berdoa agar pandemi Covid-19 ini cepat berakhir supaya hidup kembali normal," kata Ustaz Lubab.

Aktivitas lain adalah giat Banser GP Ansor Desa Lowayu yang bersemangat membantu mengamankan proses penyembelihan hewan kurban. Mulai dari pendaftaran, menempatkan hewan kurban hingga serta mendistribusikan kepada yang berhak menerimanya.

Wakil GP Ansor Ranting Lowayu, Anang mengatakan, apa yang dilakukan pihaknya adalah bagian dari khidmat kepada NU dan masyarakat.

"Insyaallah semangat Ansor Banser dalam berkhidmah tak pernah surut," katanya.

Sejak kepengurusan GP Ansor Lowayu dilantik ghirroh atau semangat melayani umat terus digelorakan. Harapannya, Ansor Banser selalu menjadi garda terdepan dalam kemanusiaan dan keumatan. (zah/syafik hoo)