Kabar Daerah

Waspada Covid-19, Banser Benjeng Galakkan Gerakan “Bankid”

Waspada Covid-19, Banser Benjeng Galakkan Gerakan “Bankid”
Kegiatan penyemprotan disinfektan di masjid. Foto: Dok.

ANSOR NEWS, GRESIK – New normal (kenormalan baru) yang belum lama diterapkan di Kabupaten Gresik ternyata memberikan kejutan luar bisa.

Penerapan kenormalan baru ternyata berdampak pada peningkatan jumlah pasien Covid-19 yang sangat tajam, khususnya di Kecamatan Benjeng. Apalagi munculnya klaster baru, yaitu Pasar Benjeng. Saat ini pihak berwenang telah melakukan sterilisasi dengan melakukan penutupan pasar.

Kondisi ini membuat Kasatkoryon Banser Pimpinan Anak Cabang GP Ansor Benjeng Manan aktif melakukan upaya memutus penyebaran virus Covid-19 di Kecamatan Benjeng.

"Saya berharap sahabat Banser Benjeng ikut serta melakukan upaya pencegahan mulai dari diri sendiri keluarga dan masyarakat sekitar, jangan sampai ada klaster baru di lingkungan sekitar kita. Maka kami berharap sahabat Banser ikut serta membantu protokol kesehatan baik di masjid maupun musala. Sehingga, masjid dan musala atau tempat ibadah lainnya bisa terhindar dan bersih dari wabah virus Covid-19,” ucap, Jumat (26/6/2020).

Langkah tersebut dengan melakukan penerapan protokol kesehatan, antara lain penyemprotan disinfektan, pengecekan suhu badan, pemakaian masker, cuci tangan, jaga jarak, dan lainnya. Kegiatan penyemprotan disinfektan bekerja sama dengan takmir masjid atau pemerintah desa.

Untuk memotivasi gerakan, pihaknya membuat slogan BANKID (BAnser amaNKan masjID) bebas dari Covid-19. Dengan slogan tersebut, Ansor Banser di masing-masing ranting bisa ikut serta mengawal pelaksanaan Salat Jumat dengan penerapan standar protokoler pemerintah.

Ketua Pimpinan Anak Cabang GP Ansor Benjeng mendukung penuh progam dan kegiatan kader Ansor dan Banser di PAC maupun di Ranting selama kegiatan  itu tidak melanggar aturan dan ketentuan organisasi.

“Kegiatan bagaimana caranya bisa bermanfaat untuk warga dan masyarakat secara luas. Karena hal inilah yang seharusnya kita lakukan sebagai bentuk khidmat kita kepada Ansor, Nahdlatul Ulama," kata Luthfi Khambali. (zah)