Kabar Daerah

Banser dan Pemdes Bandar Sinergi Cegah Covid-19

Banser dan Pemdes Bandar Sinergi Cegah Covid-19
Banser Satkoryon Bandar mendengarkan pengarahan sebelum melakukan penyemprotan disinfektan.

ANSOR NEWS, PACITAN – Banser Satkoryon Bandar terus melakukan upaya pencegahan dan penanganan virus corona (Covid-19).

Menurut Slamet Riyanto, Kasatkoryon Banser Kecamatan Bandar, pihaknya bersama Pemerintah Desa Bandar, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Karang Taruna, dan Tagana Desa Bandar, melakukan penyemprotan desinfektan ke rumah warga dan ruang terbuka publik di wilayah Desa Bandar, Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan.

Di samping itu, katanya, relawan juga melakukan sosialisasi tentang bahaya penularan Covid-19, imbauan kepada pemudik agar melakukan isolasi mandiri atau tidak keluar rumah kecuali selama 14 hari, serta membiasakan perilaku hidup bersih sehat sesuai protokol kesehatan.

Slamet menjelaskan, sebelum bertugas, pihaknya dan Kepala Desa Bandar memberikan arahan kepada relawan Ansor Banser tentang pembagian tugas dan mekanisme kerjanya. Kegiatan sendiri dimulai pukul 08.00 WIB dan relawan dibagi menjadi 7 tim sesuai dengan jumlah Dusun yang ada di Desa Bandar.

"Kegiatan penyemprotan desinfektan dan sosialisasi dipandu langsung Kepala Desa Bandar dan seluruh Kepala Dusun di Desa Bandar. Berbekal data pemudik dari Pemerintah Desa dan arahan dari Kepala Dusun akan mempermudah para relawan dalam menemui dan memberikan edukasi tentang protokol kesehatan dalam pencegahan dan penularan Covid-19 kepada masyarakat,” terang Slamet Riyanto, Minggu (12/4).

Penyemprotan disinfektan untuk pencegahan dan penyebaran virus corona Desa Bandar menggunakan kendaraan Polsek Bandar. Untuk lokasi yang tidak bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat, relawan melakukan penyemprotan desinfektan dengan menggunakan tangki semprot.

Slamet Riyanto mengatakan, penyemprotan ini dilakukan di sejumlah fasilitas umum dan tempat ibadah, antara lain masjid, sekolah, pondok pesantren, dan pasar. Rute penyemprotan dilaksanakan di sepanjang jalan desa, bahkan sampai ke jalan pelosok.

"Masyarakat tidak bisa hanya mengandalkan Pemerintah Kabupaten dalam penanganan ini. Pemerintah Desa juga perlu mengambil peran. Dengan upaya ini semoga masyarakat Desa Bandar tetap sehat dan terhindar dari virus Covid-19. Mari patuhi anjuran pemerintah untuk social distancing dan stay at home, makan teratur yang bergizi, selalu cuci tangan dengan sabun, dan biasakan pola hidup bersih sehat," ucapnya. (zah)